Senin, 27 Desember 2010

JAMUR KUAH KUKUS


Mushroom atawa jamur dalam bahasa indonesianya mempunyai banyak macam. Dan semua macam jamur saya sangat suka, salah satu makanan favourite saya, asal bukan jamur beracun aja hehehehe….tidak hanya karena enak rasanya tapi manfaat dari jamur juga luar biasa. kata beberapa sumber yang pernah saya baca, jamur bisa mencegah kanker.
Biasanya klo musim penghujan gini, jamur kuncup dan jamur bulan banyak tumbuh di belakang rumah saya. jadinya tiap pagi Ibu hunting jamur-jamur kesukaan saya itu. Kadang ampe dulu-duluan ama sepupu sebelah rumah. Nah…ini dia jamur kesukaan saya, masaknya cukup sederhana saja, tapi rasa waow….gak ada duanya. Blm pernah saya nemuin di daerah lain.

Bahan :
Jamur bulan/kuncup

Bumbu halus :
Bawang merah
Bawang putih
Terasi
Cabe rawit
Garam
Gula

Cara :
Cuci bersih jamur kemudian suwir-suwir. Campurkan bumbu dan jamur lalu bungkus dengan daun pisang, kasih sedikit air sebagai kuah. Lalu kukus selama 15-20 menit.

catatan : Jamur kuncup dan jamur bulan tidak bisa bertahan lama, jadi harus segera di panen dan langsung di masak, jika dibiarkan beberapa jam saja akan mengeluarkan belatung. tapi jika tidak sempat langsung memasaknya rendam di dalam air matang kemudian masukkan kulkas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar