Kamis, 17 Januari 2013

GALAU???


belakang ini meski hujan sering mengguyur kota pahlawan dan hawanya udah mulai sejuk untuk ukuran kota surabaya, tapi saya masih rajin minum es krim rasa durian kesukaan saya. Entah sepulang kerja ato pas istirahat ngantor, saya usahakan menyempatkan diri mampir di café es krim langganan, sampe2 waitres tuh café hapal dengan saya. Jadi biasanya tanpa saya meminta buku menu, mereka langsung mengantar es krim kesukaan saya. Dan baiknya lagi, mereka juga menyediakan kursi khusus buat saya. Ya…biasanya saya memang selalu duduk di kursi yang sama, dekat jendela sambil menikmati lalu lalang kendaraan dan macetnya kendaraan di jalanan seberang, sambil ngelamun, sambil numpang onlen wifi, sambil menghayal, sambil baca buku dll. Meski saya tidak selalu menghabiskan es krim di tempat, ato es krim saya bawa pulang, tapi mbak dan mas waitresnya akan selalu menyediakan kursi itu untuk saya. Terkadang klo kursi itu ada penghuninya, mereka akan minta maaf, seperti merasa bersalah tidak bisa melayani dengan baik.

Sore itu, walopun saya ada janji dengan kawan lama, saya tetep usahain bangeet mampir di cafe es krim itu. Udah hampir 1 minggu saya gak mampir kesitu, sakaw rasanya.
Beberapa menit saya duduk di kursi biasanya, mas waitresnya dateng sambil bawa es krim rasa durian yang meleleh bikin air liur saya tumpah :D. sambil naruh es krim di meja saya, mas waitresnya nanyain saya, “lama gak kesini mbak?”. “iya” jawab saya sambil senyum manis. “Udah gak galau lagi ya?”, tanyanya lagi. Spontan saya memandang mas andre (nama waitres itu, saya baca di kartu tanda pengenalnya), agak kaget denger pertanyaan lanjutannya. Saya tidak menjawab, hanya kembali tersenyum. Ternyata mas andre gak langsung pergi, malah mengajukan pertanyaan lagi, “sudah ada penggantinya ato sudah balikan mbak?”. Kali ini pertanyaan mas andre terdengar menyelidik. Saya masih juga tidak menjawab dan hanya senyum. Sejujurnya saya memang tidak ingin membagi apapun dengan orang yang belum saya kenal. Mungkin karna tidak mendapat jawaban yang memuaskan, mas andre kemudian tersenyum dan ninggalin saya sembari bilang “selamat menikmati es krimnya dan semoga galaunya hilang.”

Karna pertanyaan mas andre tadi, saya jadi mikir. Apa selama ini tiap saya datang kesini kliatan muka saya galau? ato kliatan muka saya kusut, tidak bersemangat dan layu?. Nyampe di kamar saya langsung berdiri depan cermin. Saya liat muka saya. Ah... masa sich, luka hati saya terlihat di wajah saya? Masa iya sih, rasa gundah saya terpancar dari wajah saya?. Saya nyoba tersenyum sendiri depan cermin, rasanya senyum saya masih manis, masih sedep. Heeemmm....ato karna mungkin saya selalu datang sendiri!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar