Senin, 22 November 2010

SATE


Kata mr. obama sate enak….artinya lidah pak obama masih sehat tuh.
Sate juga favourit saya, sama ama pak obama, mungkin banyak masyarakat indonesia yg gak bakalan nolak klo di suguhi makanan yang satu ini. Ada bermacam2 jenis sate, ada sate madura, sate padang, sate makasar, sate jawa tengah yang tentunya rasanya juga beda2 banget. Di jawa timur aja punya tiga macam sate, sate klopo, artinya satenya di bungkus parutan klopo. Sate ayam, tentulah bahannya dari ayam, sate kambing yo mesti bahane kambing rek…..naaaah…yang membedakan sate jawa timur dengan sate jawa tengah juga dengan sate padang adalah di bumbu. Klo sate jawa timur, bumbu saos pake kacang yang di haluskan, beda dengan sate jawa tengah yang Cuma make kecap dan cabe aja. Tapi apapun bumbunya, dari mana asalnya yang namanya sate tetep jadi favourite saya.
Pernah saya ke suatu kota, bernama blora yang brada di perbatasan jawa tengah dan jawa timur. Kota ini belum pernah saya kunjungi sebelumnya, ke rumah seorang teman yang waktu itu tentu sangat pesial buat saya hehehehe…., di suguhi makan dengan menu sate, ternyata gak kalah enak dengan sate surabaya, bumbunya persis dengan bumbu sate solo, kecap manis dan irisan cabai lalu ada bebrapa sayuran segar yaitu daun kubis dan tomat. Berhubung saya suka banget sayuran, saya ambilin tuh sayuran2nya, untung si tuan rumah baik banget jadi dengan senang hati mempersilahkan saya untuk makan tuh sayuran beserta satenya .
Idhul adha kemarin seperti biasa saya nyate, tp kali ini beda dengan tahun2 sebelumnya. Bedanya, bapak gak mo bikinin buat saya hiks…hiks..hiks…kata bapak sih karena saya sdh dewasa gitu, jd kudu bisa bikin sate sendiri. Kata bapak lagi biar ntar biar bisa bikinin buat suami dan anak2 saya. Nah….inilah sate surabaya bikinanku :

Sate Kambing Surabaya

Bahan:
Daging kambing

Bumbu oles:
Kecap manis
Jeruk limau/nipis
Mentega
Bawang putih

Bumbu saos:
Kacang tanah goreng
Petis 1 sdm
Kecap manis
Cabai rawit
Bawang putih goreng
Bawang merah mentah iris tipis (aku gak pake, coz gak suka)

Cara :
Cincang bawang putih lalu masukkan kecap, mentega dan perasan jeruk limau/nipis aduk2 hingga tercampur rata
Daging kambing di potong2 dadu kemudian tusuk2 dg tusukan sate yg sudah di siapkan
Olesi daging kambing yang sudah di tusuk dengan bumbu oles lalu bakar hingga matang

Bikin bumbu saos :
Haluskan kacang tanah goreng, bawang putih goreng, cabe rawit dan petis setelah halus masukkan kecap manis aduk rata lalu taburi dengan bawang merah mentah iris kemudian siramkan bumbu saos diatas sate yang sudah di bakar matang. Siap di hidangkan

* tips: agar daging kambing tidak bau prengus ato bau kambing, sebelum di masak daging kambing jangan di cuci dulu karena akan semakin bau prengus. Rendam daging kambing dengan air perasan jeruk limau/nipis selama 15 menit atau langsung rebus kambing sampai mengeluarkan busa lalu buang busanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar